Imam Nahrawi (Menpora Ri) : 5 Penyebab Radikalisme – Teroris Dalam Beragama

Imam Nahrawi (Menpora Ri) : 5 Penyebab Radikalisme – Teroris Dalam Beragama
Imam Nahrawi (Menpora RI) : Saat menyampaikan materi di hadapan dihadapan para peserta seminar remaja unttuk menangkal paham radikalisme

Syaichonacholil.net– Untuk menanggulangi menjalarnya paham radikalisme pada remaja, Remaja Muslim Masjid Al Akbar Surabaya mengadakan Seminar dengan mengangkat tema besar “Peran Remaja Muslim dalam Menangkal Faham Radikalisme untuk Menjaga Kedaulatan NKRI” Sabtu (02/06) kemarin. Di Ruang As Shofa Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

Refleksi dari nasionalis remaja muslim ini sebagai wujud nyata dalam menolak paham apapun yang berpotensi menghancurkan NKRI,  Pra Acara Seminar Remaja Muslim ini di sambut dengan penampilan “al-Kiswah” salah satu Group Gambus Surabaya dengan membawakan tembamg-tembang sholawat yang banyak dikagumi pemuda-pemudi di zaman milenial ini.

Dr. (HC) H. Imam Nahrawi, S.Ag., M.KP (Menpora RI) didapuk sebagi pemateri, beliau menyebutkan ada 5 penyebab radikalisme – teroris dalam beragama:

  1. Proses pembelajaran agama yang tanpa dasar, tidak menyeluruh atau gurunya yang radikal
  2. Puritarisme beragama, terlalu tekstual dan tidak dapat menerima pendapat lain selain pendapat kelompoknya.
  3. Paham takfiri, suka mengafirkan sesama muslim yang tidal mendukung atau tidak sepaham dengan kelompoknya.
  4. Kondisi sosial lokal yang dirasa tidak adil hingga menganggap perlu perubahan yang radikal.
  5. Kondisi sosial internasional yang dirasa saudra seimannya dijajah lalu timbul rasa ingin membela dengan jihad.

Selanjutnya, Imam Nahrawi mencontohkan penganut paham radaikalisme yang mengakibatkan terjadinya terorisme itu  dengan Sahabat Ibnu Muljah, “Ibnu Muljah adalah Sahabt Nabi yang ‘abid (ahli ibadah) dan juga hafidz . namun karena pemahaman agamanya terlalu sempit dan tekstual. Ia menganggap tidak ada hukum sealin Allah SWT. Akhirnya, Ia membunuh Khalifah Ali Bin Abi Thalib yang dituduh membuat hukum yang baru”.paparnya.

Baca Juga:Jenderal TNI (Purn) Wiranto Resmikan Pembukaan MUBES 1 Asschol

Hanif Dhakiri Santri Dan Alumni Itu Punya Modal Besar Untuk Bersaing Dalam Dunia Ketenagakerjaan

Menanak Nasi Liwet Syaichona Pecahkakn Rekor Dunia

Turut juga hadir sebagai nara sumber Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Jatim Kombes Pol Drs Gamar Basri dalam agenda Ramadhan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya yang mereka namakan dengan’Dakwah Milenial’.

“Saya katakan acara ini sangat  luar biasa karena apa saya mengatakan ‘luar biasa’  mengaapa tidak, karena peserta kita kali ini ada tiga sayap besar pemilik negeri ini mengawal tagak kokohnya NKRI dan kalian lah pemegang estafet ini”  sanjung  pria kelahiran Bangkalan terhadap hadirnya Para OKP pelajar mulai dari IPNU, IPM dan PII untuk memerangi radikalisme dan  terorisme.

_______________

[Dhoifur Rohman]

 

Tags: , , , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan