Mari Renungkan Arti Dari Malam Nuzulul Qur’an

Mari Renungkan Arti Dari Malam Nuzulul Qur’an

“Beberapa hari yang telah ditentukan itu ialah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur’an sebagai petunjukbagi manusia dan penjelasan mengenai petunjuk basgi manusia beserta penjelasan-penjelasan mengenai petunnjuk itu dan sebagai pembeda (antara yang hak dan yang bathil)“

(QS:Al-Baqarah:185)

Momentum Nuzulul Quran semestinya Jangan sampai kemuliaan Al-Quran hanya dianggap  hanya sebuah kitab suci yang menunjukkan simbolitas saja atau legalitas belaka, yang hanya cukup dibaca, dipamerkan bahkan hanya sekedar dibuat  menjadi koleksi pribadi di rumah, musholla atau di masjid-masjid.

Hendaknya pristiwa turunnya al-Qur’an, mukjizat terbesar nabi Muhammda SAW ini. dijadikan sebagai momen istimewa bagi umat islam untuk merenung dan memahami esensi dari diturunkannya Al-Quran di muka bumi, serta menjadikannya sebagai pedoman yang utama dalam menanpaki kerasnya hidup.

Jangan samapai tamu yang amat agung ini merasa kecewa karena oleh-oleh yang telah dibawanya nyaris kita hiraukan begitu saja. Jamgan sampai asyiknya update status, story di WA kalian dan canda ria kalian di sosmed  mengalahkan kalam indabnya al quran yang tidak pernah kalia  sentuh kalaupun dibaca tapi hamya sekilasz dan bukankah ramadhan adalah bulan yang penuh dengan ampunan, pernahkah kalian menengadahkan kedua tangan kalian ke langit sembari menangis meminta ampunanNya.

Padahal dosa dosa yang kalian perbuat menumpuk bak air lautan samudrera dan berserakan dimana mana,Kalian hanya sibuk dengan membuat acara buka bersama untuk melepas rindu belaka.Sebegitu yakinkah umur itu akan bertemu dengan bulan Ramdhan lagi.

Baca juga : Inilah Beberapa Tradisi Unik Di Indonesia Dalam Menyambut Ramadhan

Masih ada waktu untuk berbuat baik dan mengerjakan ibadah dengan beraunghuh-sungguh untuk meminta ampunannya karena seperti kata para ulama terdahulu “sangatlah merugi seseorang yang melewati bulan suci Ramdhan sedangkan dosanya belum di ampuni”. Dan di bulan ini sudah sepantasnya kita lebih mendekatkan diri pada al-Qur’an dan as-Sunah tapi tidak hanya untuk hari hari terakhir dari bulan Ramadhan ini saja melainkan ibadah-ibadah ini bisa kita aplikasikan ke bulan-bulan selanjutnya dengan istiqomah.

Semoga kita selalu memperoleh taufik beserta hidayahNya sehingga kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan tetap istiqomah dalam mengamalkan ayat-ayat al-Quran dengan benar dan baik kedalam kehidupan sehari-hari. Amin ya robbal alamin.

_______________

[Dhoifur Rohman]

Redaktur : Shoim Karim

Tags: , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan