Mengenang Indonesia Merdeka Bertepatan Pada 09 Ramadhan 1364 H

Mengenang Indonesia Merdeka Bertepatan Pada 09 Ramadhan 1364 H

Dibalik tanggal kemerdekaan Republik Indonesia yang dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari bersejarah bagi rakyat Indonesia, dengan dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan oleh Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno dan Moh. Hatta.

Namun dibalik sejarah tersebut tidak banyak yang tahu bahwa hari Jum’at 17 Agustus 1945 merupakan hari bagi ummat islam melaksanakan ibadah puasa ramadhan yakni bertepatan dengan tanggal 09 Ramadhan 1364 H.  Melirik sejarah yang ada bahwa pada hari tersebut sang proklamator Ir. Soekarno Dan Moh. Hatta tetap berpuasa sampai teks proklamasi disiapkan sampai mendekati waktu subuh dan hampir kelupaan makan sahur. Proklamasi Kemerdekaan RI dilakukan 17 Agustus 1945 yang bertepatan dengan 09 Ramadan 1364 H.

Pada waktu Pembacaan proklamasi dan upacara dilaksanakan dengan sederhana dan penuh khidmat dalam suasana Ramadan. Menurut Soekarno, proklamasi saat itu adalah tepat karena “kita sedang berada dalam bulan suci Ramadan, waktu kita semua berpuasa, ini berarti saat yang paling suci”.

Sebagai Rakyat Indonesia yang sudah 75 Tahun merdeka ada beberapa peristiwa yang wajib kita ketahui tentang Indonesia merdeka yang bertepatan pada tanggal 09 Ramadhan 1364 H. Diantaranya :

  1. PPKI dibentuk satu hari menjelang malam pertama bulan Ramadhan
  2. Pada tanggal 1 Ramadhan tentara sekutu menjatuhkan bom ke kota Nagasaki
  3. Pada tanggal 6 Ramadhan Jepang menyerah kepada sekutu
  4. Tanggal 8 Ramadhan Presiden RI Soekarno Dan Moh Hatta diculik ke Rengasdeklok
  5. Tepat pada tanggal 9 Ramadhan, pas waktu sahur, naskah proklamasi disusun
  6. Pada hari Jum’at pukul 10 pagi, proklamasi dilaksanakan dikediaman Bungkarno jalan pegangsaan timur No 56 Jakarta

Bahwa pada hakikatnya Perjuangan kemerdekaan Indonesia dilakukan oleh para pahlawan yang didominasi oleh para santri, ulama dan umat Islam. Maka pada waktu itulah nuansa semangat jihad telah berkobar dipenjuru indonesia.

(SHOIM KARIM)

Berbagai Sumber

Tags: , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan