Gelar Ujian Akhir, Bukti Metode al-Miftah Mampu Belajar Baca Kitab Dengan Waktu Singkat

Gelar Ujian Akhir, Bukti Metode al-Miftah Mampu  Belajar Baca Kitab Dengan Waktu Singkat

Syaichonacholil.net – al-Miftah yang merupakan metode percepatan untuk bisa membaca kitab kuning (Kitab Klasik) yang dirintis oleh Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan berdampak baik bagi Ponpes Syaichona Moh. Cholil Bangkalan yang juga menerapkan metode al-Miftah Tersebut.

Pasalnya Selasa malam (03/04) pengurus al-Miftah Ponpes Syaichona Moh. Cholil di bawah Koordinator Ust. Abd. Fatah menggelar Ujian Akhir atau yang dikenal ujian Lisan yang diikuti kurang lebih 214 siswa yang dilaksanakan di halaman Daerah Istimewa I’dadiyah (Daerah D). Ujian ini dilaksanakan dengan mumtahin (penguji) 5 orang yang diambil dari asatidz.

Penanggung jawab al-Miftah Tahun ajaran 1438-1439 H. Ust. Shohibul Hidayah mengatakan bahwa pelaksanaan ujian kali ini merupakan ujian terakhir bagi para santri al-miftah yang telah mengenyam metode al-Miftah selama kurang lebih 8 bulan. Ujian ini telah mengalami beberapa ujian termasuk ujian tulis dan praktek.

“kali ini yang menjadi pembeda dari tahun sebelumnya adalah tentang pelaksanaan yang digelar dihalaman beda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan di dalam ruangan. Dengan tujuan para peserta ujian bisa tenang dan fokus selama pelaksanaan yang berada di halaman terbuka” jelasnya.

Ustad asal Kecamatan Tanjung Bumi tersebut menambahkan bahwa pelaksanaan Ujian Lisan tersebut akan dilakukan selama empat malam terhitung dari malam ini, Malam rabu sampai malam ahad. Setiap malam diikuti kurang lebih Lima puluh peserta ujian “ untuk mengondisikan jalannya ujian ini kami beserta pengurus al-Miftah menentukan untuk setiap malam akan diisi 50 santri” cetusnya.

Untuk mensukseskan ujian ini para pengurus beserta muallim telah mempersiapkan mental maupun materi untuk para peserta ujian lisan tersebut denagn berbagai kegiatan jam belajar mulai dari pagi sampai jam belajar malam. Dengan harapan agar para santri yang mengikuti ujian bisa lulus untuk melanjutkan di tingkat ibtidaiyah atau madrasah.

Redaktur : Shoim Karim

Tags: , , , , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan