Santri PPSMCH Berpeluang Mendapatkan Beasiswa Ke Turki

Santri PPSMCH Berpeluang Mendapatkan Beasiswa Ke Turki

Syaichonacholil.net-Pondok Pesantren Moh. Cholii Bangkalan kali ini mendapat kunjungan dari yayasan Tahfidz Sulaimaniyyah Jatim  dalam rangka sosialisasi program tahfiz usmaniyah turki bekerjasama dengan United Islamic Cultural Centre of Indonesia (UICCI) atau Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia-turky, Kamis (21/03). Di Mushalla pesantren.

Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia-Turky yang didirikan sejak tahun 2005 oleh para suka relawan muslim Indonesia dan Turki yang berpusat di Istanbul Turki. Saat ini telah memiliki 35 cabang Pondok Pesantren di Indonesia dan tercatat telah mempunyai 62 cabang Pondok Pesantren yang tersebar di 10 Negara Asia Pasifik.

Perwakilan pengurus Pondok Pesantren Tahfidz Sulaimaniyyah Jatim mengungkapakan metode menghafal al-Quran yang diterapakannya menggunakan  al-Quran ustmani bukan al-Quran yang 16 atau 18 baris seperti yang lumrah digunakan di Indonesia tapi dengan menggunakan al-Quran utsmani dengan 20 baris dan menghafalnya dimulai dari halaman terakhir juz pertama lalu halaman pertama juz dua dan begitu seterusnya.

“Metode ini berbeda dengan kebanyakan metode menghafal al-Quran Indonesia” terang Iwan Abdussalam saat menjelaskan prihal metode penghafalan al-Quran yang diterapkan di Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia-Turky.

Sosialisasi yang dilakukakan oleh perwakilan Yayasan Pondok Pesantren Tahfidz Sulaimaniyyah Jatim ini tidak datang hanya sendirian, beliau juga ditemani oleh pengajar asal turki  yang mengajar di Markaz TQ  Sulaimaniyyah Sumenep Madura dan beberapa orang dari petugas KEMENAG, karena Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia-turky bekerjasama dengan KEMENAG Republik Indonesia.

Metode menghafal al-Quran turki ustmani ini, lanjut Iwan Abdussalam. merupakan metode yang cepat dan gampang meghafal dan metode ini telah telah  digunakan sejak lama hingga saat ini “Metode turki ustmani ini terbilang telah berumur cukup tua sekitar 700 tahun sejak kerajaan turki ustsmani berdiri” jelasnya.

Reporter : Dhoifur Rohman

Editor : Shoim Karim (imas)

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan