Doa Mustajab Di Bulan Rajab

Doa Mustajab Di Bulan Rajab

Dalam hitungan kalender hijriyah Bulan Rajab merupakan bulan ke -7 setelah bulan Jumadil akhir, Bulan ini termasuk bulan mulia di sisi Allah SWT. Bulan Rajab juga mengingatkan kita akan peristiwa penting dalam sejarah islam tentang  Isra’- Mi’rajnya Nabi Muhammad SAW sehingga Beliau mendapatkan tiang agama yang berupa shalat lima waktu.

Dikisahkan pada malam Mi’raj, Rasullah SAW melihat  sebuah sungai yang airnya lebih manis daripada maadu, lebih dingin daripada salju dan lebih angi dari minyak misik. Lalu Rasullah SAW bertanya pada malaikat Jibril, “bagi siapaah ini ?.” malaikat Jibril menjawab  “bagi seseorang yang bershalawat padamu di bulan Rajab.”teragnya.

Allah SWT berfirman :

 

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

 Artinya :

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (QS. At-Taubah : 36)

Meengenai empat bulan yang dimaksud  seperti hadist diriwayatkan oleh Abu Bakroh, satu tahun itu ada dua belas bulan diantaranya ada empat bulan haram (suci) yaitu bulan Dzulqo’dah, Dzulhijjah,Muharrom dan Bulan Rajab.

Tredapat beberapa alsaan mengapa empat bulaln ini di sebut-sebut sbagai bulan haram, al-‘Atok berpendapat karena  :

  • Diharamkan bagi manusia melakukan peperangan di tanah haram dan di bulan-bulan haram kecuali mereka diperangi terlebih dahulu
  • Melakukan maksiat di bulan ini maka timbangan dosanya akan di perberat
  • Larangan melakukan untuk melakuan perkara haramleebih ditekankan, Ustman Bin Ahmad as-Syakir dalam kitab Dzurrotun Nasihinmenyebutkan ketaatan yang dilakukan di bulan Rajab maka pahalanya akan dilipat-gandakan

Cara menghormti Bulan Rajab ialah dengan menyambutnya di malam pertama dari Bulan Rajab dengan memperbanyk doa, karena saat itu adalah waktu istijabah, Imam Suyuti dalam karya moumentalnya Al-Jami’ diriwayatkan dari Abi Umamah, Rasulullah bersabda :

خمس ليال لا ترد فيهن الدعوة: أول ليلة من رجب، و ليلة النصف من شعبان، وليلة الجمعة، و ليلة الفطر، و ليلة النحر

“Lima malam yang tidak akan ditolak doa di dalamnya yaitu: malampertama daripada Bulan Rajab,Malam Nisfu Sya`aban,Malam Jumaat,Malam Hri raya Idul Fitri, dan Malam Hari Raya Idul Adha.”

 

Nabi Saww. bersabda : “Siapa menyambut kehadiran malam pertama bulan Rajab, dengan aktifitas keagamaan, seperti shalat malam, baca Qur’an, dzikir dan lain-lain, maka ia berjiwa hidup, sekalipun umumnya manusia mati hatinya, dan Allah mencurahkan kebaikan dari (fikiran) bawah kepalanya, ia bersih dari dosa seperti baru lahir dari kandungan ibunya, dan ia diizinkan mensyafaati 70.000 ahli berdosa yang seharusnya dineraka”. (Demikian dikutip dari kitab Lubil Al-Albab karya Maulana Tajul ‘Arifin/A’rajiyah)

Dhoifur Rohman

Tags: , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan