Meraih Impian Yang Hakiki

Meraih Impian Yang Hakiki

Di awal tahun baru 2018 ini, pastinya sudah banyak orang yang telah mensetting dan mendesign seperti apa  masa depannya, mentarget daftar keinginan – keinginan yang harus di capai di penghujung tahun. Adapun obsesi – obsesi kebanyakan manusia mungkin terangkum dalam daftar di bawah ini:

  • Mengidamkan Hidup Bahagia Tanpa Ada Masalah
  • Rizki Lancar, Berlimpah Dan Berkah
  • Menjalin Rumah Tangga Yang Sakinah, Mawaddah Wa Rahmah
  • Dikaruniai Keturunan Sholoeh Dan Sholehah
  • Menghadapi Segal Urusan Di Beri Jalan Yang Mudah
  • Kelak Mendapat Syafa’at Nabi Penyempurna Akhlakul Karimah

 

Mata, pikiran dan hati selalu ingin melihat semua hal yang indah saja tanpa perlu bersusah payah terlebih dahulu (seperti apa yang kita impikan), tetapi mengapa apa yang kita impikan belum terjadi juga, kita tentu punya impian dan cita-cita, pertanyaan nya, sudahkah semuanya menjadi kenyataan ? sudah berapa persenkah kita berusaha mewujudkannnya ?

Kehadiran artikel ini memang sengaja di tulis untuk meluapkan kegundaha hati, agar sama-sama berproses dan berusaha untuk merubah diri menjadi lebih baik dan selalu berpikir positif dalam menghadapi promblematika kehidupan, dan sedikit mengulas kiat-kiat mencapai kebahagiaan lewat kesuksesan.

The Power Of Doa

Doa adalah senjata utama orang mukmin, maka dari itu doa merupakan mekanisme pertahanan diri paling kuat dalam hidup manusia, setiap perbuatan diniati untuk ibadah dan berdoalah agar di mudahkan segala urusan kita oleh sang maha kuasa.

Tentu sekuat apapuin usaha yang kita lakukan tanpa di bingkai dengan indahnya doa maka usaha tersebut hanyalah hal yang sia-sia, disinilah doa menjadi bukti pengakuan atas kelemahan dan ketidak berdayaan manusia terhadap kebesaran Allah SWT. Maka jangan pernah menyombongkan diri dengan melakukan berbagai metode untuk meraih impian kita tanpa di topang dengan kalimat-kalimat doa. karena The Power Of Doa bisa membuat suatu hal yang yang mustahil di lakukan menjadi hal yang tabu berkatnya.

Menemukan Motivasi

Terkadang motivasi kerap kali kita sepelekan begitu saja, banyak yang beranggapan apa sih… gunanya Motivasi barang kali semangatnya bertahan sebentar, paling-paling satu-dua hari sudah hilang, atau bahkan lebih sedikit dari itu setelah itu merasa semua kembali seperti kembali menjadi biasa-biasa saja seperti kondisi semula atau bahkan lebih buruk, Motivasi itu ibarat sabun mandi, bukankah sabun yang di gunakan ketika mandi membuat badan bersih, segar dan wangi setelah menggunakannya, tapi harus diakui wangi yang di sebabkan dari sabun mandi tak bertahan lama ± 30 menit saja, tapi bayangkan ketika sabun mandi tidak digunakan ketika mandi seperti apa bau yang di timbulkan oleh badan jangankan satu minggu, satu  hari saja baunya sudah menyengat kemana-mana, belum lagi bau keringat yang keluar dari pori-pori dan ketiak.

Motivasi terbaik ialah sebuah motivasi yang timbul dari dalam diri sendiri dan mengingat jerih payah orang tua yang telah dengan ikhlas merawat dan membiayai hidup kita hingga besar, Kuncinya adalah Rasakan hal-hal yang membahagiakan dan bayangkan kesuksesan yang akan diraih nanti untuk di hadiahkan kepada orang tua tercinta kita walau sebesar apapun kesuksesan yang kita raih tidak akan pernah sebanding untuk membalas jasa-jasanya. Tapi setidaknya kita telah berusaha untuk membahagiakannya, jika seperti  itu Insya Allah kita akan selalu termotivasi untuk bekerja keras dalam mencapai tujuan kita.

Menerapkan Sistem ATM

Langkah awal yang harus dilakukan ialah Amati Tiru dan Modivikasi (ATM) agar memancing kreativitas dari dalam  diri sendiri , mungkin tidaklah asing bahkan sudah menjadi kebiasan bagi kita untuk meniru orang lain baik dari segi bahasa, tingkah laku dan pemikiran mereka untuk memperoleh sesuatu yang kita ingikan, hal ini memang sudah sesuai dengan tabiat manusia yang suka meniru. Pepatah Kuno Mengatakn “Menjadi contoh yang baik memanglah sulit tapi mencontoh (meniru) orang baik tidaklah sulit”. Senada dengan pepatah ini adalah wejangan Ulama Salafus Sholihin yang di kutip dari kitab klasiknya di sebutkan dalam sebuah maqolah yang berbunyi :

 فتشبهو ان تكونوا مثلهم   ***   ان التشابه با لكرام فلاح

 “Maka berusahalah meniru mereka (ulama salafussholih)    ***    Jika kalian tidak bisa menjadi seperti mereka”

 

Setelah kita amati dan meniru bagaimana cara mereka meraih sukses kita lakukan berbagai modivikasi, agar apa ? agar berbeda, lebih menarik dan lebih peraktis, lambat – laun kita akan menemukan konsep kita sendiri.

Mulai Dari Sekarang

Menunda – nunda pekerjaan merupakan salah satu penyakit yang dapat menghalangi usaha kita untuk meraih kesuksesan, singkirkan jauh-jauh sifat malas demi masa depan kita, salah satiu caranya dengan mengingat bahwa “Tanpa adanya usaha dan kerja keras indahnya kata sukses tidak akan pernah kita peroleh hanya dengan angan – angan belaka”,  busungkan dada dan lakukan apa yang bisa kita kerjakan sekarang untuk mencapai impian, jangan pernah tanyakan apa hasilnya dari apa yang telah kita lakukan tapi berusahalah semaksimal mungkin karena apapun hasilnya tidak akan pernah membohongi usaha dan proses yang kita telah lakukan.

Untuk meminimalisir kegagalan dan penyesalan di kemudian hari, satu lagi tips yaitu dengan membuat target-target yang harus di capai dalam jangka pendek contoh : kita ingin menghafal Nadzom Alfiyah Ibnu Malik, target jangka pendeknya ialah dalam satu hari kita harus hafal 5 bait, dalam satu minggu semua hafalan dari hari pertama sampai minggu ini harus hafal di luar kepala dan begitu seterusnya dan Insya Allah dalam satu tahun akan hafal 1000 Bait dari Nadzom Alfiyah Ibnu Malik.

Yang jelas sebuah teori hanyalah teori tidak akan berpengaruh apa-apa pada kehidupan kita kecuali dari sebuah teori kemudian di praktekkan maka denga izin allah kesuksesan lah yang akan di peroleh. Amin Ya Robbal Alamin.

Dhoifur Rohman

Tags: , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan