Ra Nasih : Santri “Zaman Now” Harus Berinovasi Dan Open Mind

Ra Nasih : Santri  “Zaman Now”  Harus Berinovasi Dan Open Mind

syaichonacholil.net – Munculnya Istilah santri zaman now di akhir- akhir ini menjadi hal yang menarik dikalangan santri hal ini bisa menjadi alternatif pengganti istilah modern dan tradisional yang seringkali memojokkan kaum santri, Seperti apa yang di sampaikan oleh ketua Umum  Ponpes Syaichona Moh. Cholil Bangkalan RKH. Moh. Nasih Aschal, saat acara pembacaan sholawat yang bertepatan dengan Pergantian Tahun Baru (31/12) bahwasanya Santri zaman now ini juga harus Open Mind (Membuka Pemikiran).

“ Jadi pemikiran santri harus berfikir lebih luas, dari sesuatu yang tidak bisa kita hindari yaitu kemajuan zaman yang memaksa serta harus melihat kemajuan zaman ini dengan pola pikir terbuka dan tidak menoton “ jelas beliau memberi motivasi dihadapan ribuan santri.

Disamping itu juga beliau mengungkapkan terkait banyaknya pemikiran santri zaman now tentang budaya barat yang semakin menjadi kebiasaan dikalangan masyarakat sekitar hususnya lingkungan pesantren bahwa momentum perayaan menyambut Tahun baru adalah budaya barat yang harus kita hindari

“terkait perkumpulam atau acara malam ini  agar lebih dipahami bahwa acara ini bukan untuk menyambut tahun baru, karena menyambut tahun baru bagi kita Santri/Pesantren adalah berpatokan pada tahun hijriyah” ungkap beliau.

Melihat fenomena budaya pada zaman ini beliau mempertegas bahwa sebuah sesuatu yang muncul sebagai budaya yang ada di dalam kebiasaan orang, seakan budaya itu sesuatu yang tidak bisa dihindari karena kita sudah berada di Negara yang banyak budaya.

Maka beliau berharap kita sebagai santri zaman now harus punya filter agar bisa menyaring budaya budaya yang ada. Yang membuat kita telah merosot bahkan menjadi jatuh.

“jadi kalian saya tuntut agar supaya berpikir, bukan nurut dengan apa yang saya katakan. Karena dengan berpikir kalian bisa tahu bahwa semua yang saya katakan itu Benar”  ujarnya.

Redaktur : Shoim Karim

Tags: , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan