Hujan Tak Surutkan Tim Lajnah Falakiyah Syaichona Pergi Ke LAPAN

Hujan Tak Surutkan Tim Lajnah Falakiyah Syaichona Pergi Ke LAPAN

 

 

Syachonacholil.net- Tim Lajnah Falakiyah Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan melakukan Rukyatul Hilal (19/12) pada selasa sore di Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Nasional (LAPAN)  Pasuruan yang diikuti sekitar tiga puluh peserta tim Lajnah Falakiyah Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil, kegiatan Rukyatul Hilal ini bertujuan untuk menentukan awal bulan Rabiul Tsani 1439 h.

Kegiatan Rukyatul Hilal telah dilakukan kesekian kalinya oleh Tim Falakiyah Syaichona (sebutan) di beberapa tempat di tanah jawa salah satunya di Lamongan,Gresik, dan Pasuruan semua itu bertujuan untuk mematangkan kemampuan Tim Falakiyah Syaichona didalam perhitungan Rukyatul Hilal khususnya dalam bidang kalender hijriyah.

Petugas sedang menjelaskan fungsi teleskop matahari

Penentuan awal bulan bisa dilakukan dengan dua cara yakni hisab (menghitung) dan dengan cara menrukyah (melihat bulan) seperti yang dilakukan Tim Falakiyah Syaichona di Lapangan Penebangan Antariksa Nasional yang terletak 50 m diatas permukaan laut tepatnya di gunung perahu, di desa Watukosek Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan.

Setiba disana Tim Falakiyah Syaichona melakukan registrasi terlebih dahulu dan berkumpul di lokasi penempatan teleskop, Namun sangat disayangkan sekali kegiatan penentuan hilal ini terhalang oleh beberapa faktor Ust. Abd. Latif mengungkapkan “kegagalan melihat hilal ini disebabkan cuaca yang tidak mendukung diantaranya mendung,hujan dan beberapa faktor lainnya namun hal ini biasa terjadi ketika menentukan awal bulan yang dilakukan Tim Falakiyah Syaichona”. Terang bendara tim Lajnah Falakiyah Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

Sebab terhalangnya untuk menentukan awal bulan atau rukyatul hilal ini Tim Falakiyah Syaichona gagal melihat bulan tapi mereka tak berkecil hati karena tergantikan dengan ditunjukkannya alat teleskop lainnya seperti teleskop khusus matahari dan teori ilmiyah tentang antariksa yang dipaparkan oleh toni sufyato. “ Lapan disini mempunyai dua objek penelitian yang pertama penelitian dan pengamatan matahari dan yang kedua penelitian dan pengamatan atmosfer”. Terangnya

 

 

Redaktur : Harun

Editor : Syafi’i Torikol Azis

 

 

 

Tags: , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. Author

    Toriq Aziz22 Desember 2017 at 10:19 amReply

    gak jadi berangkat yaaa

Tinggalkan Balasan