Menghindari Putar Balikkan Fakta Sejarah, HPI Gelar Perayaan Hari Pahlawan

 

Syaichonacholil.net- Hima Prodi Hukum Stai Syaichona Moh. Cholil Bangkalan menggelar Hari Pahlawan yang jatuh tanggal 10 November (10/11) di halaman  Madrasah Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

Mahasiswa jurusan hukum memiliki cara tersendiri dalam memperingati hari pahlawan, mereka mengkonsep perayaan hari pahlawan dengan menampilkan drama teatrikal tiga kejadian sejarah yaitu sejarah perjuangan KH. Hasyim As’ary, Bung Tomo dan tewasnya Aubertin Walter Sothern Mallaby atau juga dikenal dengan Brigadir Jenderal Mallaby adalah brigadir jenderal Britania yang tewas dalam kejadian sejarah 30 Oktober, panitia menggabungkan tiga kejadian sejarah ini menjadi satu drama teatrikal dengan sejumlah pemain yang semuanya berasal dari jurusan Hukum Pidana Islam (HPI). Sebelum drama teatrikal dimulai acara dimulai dengan pembukaan, sambutan-sambutan dan orasi oleh ketua BEM STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan.

Pesan yang tersaji dalam drama teatrikal tergambar disetiap para pemain dalam memainkan perannya masing-masing mereka memerankan tak lain hanya untuk mengingat kembali jasa para pahlawan dan menguatkan ingatan-ingatan tentang sejarah pahlawan agar sejarah tidak diputar balikan fakta. hal ini juga sempat disinggung dalam sebuah sambutan Kabag Kemahasiswaan STAI Syaichona Moh. Cholil bahwa sejarah tidak pernah mengungkap bahwa peran para santri dan Ulama dalam memperjuangkan kemerdekaan ini merupakan kesalahan fatal yang notabenenya para mahasiswa terdiri dari santri dan membuat sebuah ingatan. “ salama saya sekolah mulai dari SD sampai S2 sejarah yang saya kenal ternyata tidak pernah mengungkapkan jasa para santri dan para Ulama padahal mereka sangat luar biasa dalam merebutkan dalam kemerdekaan ini” tutur Pak Jausi dalam sambutanya.

foto bersama kabag kemasiswaan setelah selesai drama teatrikal

 

Peringatan hari pahlawan yang dilakukan panitia mendapatkan apresiasi baik oleh mahasiswa jurusan lain tak hanya itu juga para santri yang menyaksikan memberikan apresiasi sangat baik bahwa dengan menyaksikan drama tentang para pahlawan dapat menumbuhkan jiwa patriotisme terhadap negara indonesia “ drama teatrikal ini sangat memotivasi kami dalam mengingat sejarah para pahlawan apalagi pejuangnya para santri dan para ulama kami sangat bangga” tutur Harun salah satu santri yang menyaksikan.

 

Redaktur : Syafi’i Torikol Azis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *