Adakan Penyuluhan, Langkah Cepat Poskestren Brantas Sarang Penyakit Santri

PEMATERI ; Perwakilan Dari Dinas Kesehatan Bangkalan, Ibu Triana Ningsah Memberikan Materi DiHadapan Para Santri

Dalam upaya mewujudkan hidup sehat para santri pondok pesantren syaichona moh. Cholil Bangkalan, Bidang kesehatan pesantren yang dikenal  dengan poskestren menggelar acara penyuluhan yang menghadirkan perwakilan dari dinas kesehatan kabupaten bangkalan yang didampingi oleh pihak puskesmas  senenan Bangkalan. Pada jum’at (10/11) bertempat di Aula pesantren.

Kegiatan yang bertemakan “Meningkatkan Paradigma Santri Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat” merupakan upaya ketua Poskestren Syaichona Moh. Cholil untuk mengurangi banyaknya penyakit yang ada pada santri serta memberikan kebiasaan berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan pesantren  dan mengoptimalkan peran kader yang ada.

“selain juga memberikan pengetahuan tentang kesehatan kepada santri lebih lanjut kami upayakan agar para senior juga ikut andil dalam menyehatkan para santri” tutur Abd. Rosyid selaku ketua Poskestren.

Senada dengan apa yang jelaskan oleh pemateri dari Dinas Kesehatan Bangkalan  Ibu Triana Wahyu Ningsih beliau memaparkan bahwa tujuan Penyuluhan Poskestren yaitu untuk meningkatkan pengetahuan santri Ponpes dan masyarakat sekitar tentang kesehatan juga meningkatkan kesadaran untuk dapat memiliki kebiasaan hidup PHBS dalam lingkungannya, serta untuk dapat memenuhi kebutuhan dan melengkapi fasilitas Ponpes dalam penyelengaraan kesehatan karena terdapat Ruang Poskestren.

”jadi kebersihan itu harus kita budayakan karena itu sesuatu yang  baik, terkait PHBS itu terus sosialisasikan kepada para santri, jadi kalau sudah disosialisasikan dengan delapan belas indicator hidup bersih saya berharap para santri menjadi lebih sehat dan lingkungannya juga menjadi bersih” ujarnya.

Di akhir acara para santri diberikan hadiah atas pertanyaan yang di lontarkan oleh pihak pemateri yang dilanjutkan dengan makan buah bersama yang di ikuti serentak seluruh santri yang hadir.

Mewakili pengurus pesantren H. Ihsan Fadlil berharap adanya kegiatan ini bisa benar-benar dapat membiasakan pola hidup bersih dan sehat sehingga dapat mendukung proses belajar yang kondusif bagi santriwan dan santriwati tanpa harus sering terganggu karena adanya penyakit .

(ana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *