Tengku Zulkarnain: Tragedi Rohingya Bukan Urusan Dalam Negeri Myanmar

Tengku Zulkarnain: Tragedi Rohingya Bukan Urusan Dalam Negeri Myanmar
Sumber Foto: https://generasisalaf.wordpress.com

Sumber Foto: https://generasisalaf.wordpress.com

Diskriminasi dan penindasan yang terus menerus dialami oleh muslim Rohingya seakan tiada henti dan benar-benar di luar batas prikemanusiaan, sejumlah tokoh dan kalangan terus menerus berupaya mengalirkan bantuan kemanusiaan mulai dari makanan pokok, obat-obatan dan kebutuhan lainnya.

Menaggapi semua kejadian itu kali ini giliran Tengku Zulkarnain angkat bicara, melaui komunikasi jarak jauh Reporter syaichonacholil.net mengontak Tengku Zulkarnain yang sedang menjalankan ibadah haji di Makkatul Mukarromah  (05/09).

Menurutnya tragedi kemanusiaan Rohingya tidak bisa dilepaskan dari sentimen agama budha Myanmar terhadap Muslim Rohingya. “Rohingya ditindas hanya karena mereka beragama Islam. Tidak ada alasan lain selain itu. Kalau pun ada hanyalah alasan yang dibuat-buat saja oleh rezim Myanmar Buddha”. Ujarnya.

Baca Pula: Seruan KH. Muqtafi Aschal: Selamatkan Muslim Rohingya !

Beliau juga menyesalkan sikap tokoh-tokoh indonesia yang percaya begitu saja dengan isu yang dihembuskan bahwa tragedi Rohingya bukanlah masalah agama. “Anehnya, para tokoh Budha Indonesia dengan memakai beberapa tokoh-tokoh Islam Indonesia serentak “koor” bahwa penindasan di luar prikemanusiaan di Rohingya itu bukan karena agama. Bukan konflik agama. Jadi konflik apa?” imbuhnya sambil bertanya.

Disamping itu Wakil Sekjen MUI ini meminta agar semua kalangan dapat berprilaku jujur menyikapi ketidak adilan terhadap Muslim Rohingya. “Katakan dengan jujur bahwa tragedi itu memang pembantaian terhadap Muslimin.  Tapi mereka melakukannya bukan atas nama kami masyarakat Budha karena Budha tidak mengajarkan hal keji seperti itu” tandasnya.

Lebih tegas lagi Beliau meminta kepada Presiden Jokowi agar segera mengusir Duta Besar Myanmar dari Indonesia serta mengamalkan Pembukaan UUD 1945 yang mengatakan Indonesia bebas aktif dan turut menjalankan ketertiban dunia. “Saya tegaskan bahwa ini bukan urusan Dalam Negeri Myanmar Lagi melainkan ini urusan pembantaian kaum Muslimin Rohingya, Urusan Internasional, Urusan dan Amanat UUD 1945, Urusan Kita bangsa Indonesia, Urusan Kita Kaum muslimin”. Pungkasnya.

Di akhir komunikasinya beliau berjanji bahwa muslim Indonesia tidak akan membalas dendam terhadap kaum Buddha Indonesia sebab agama Islam tidak mengajarkan hal keji seperti itu.

Pewarta: Zainal Arifin

Reporter: M. Abbas Busro

Tags: , , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. Seruan KH. Muqtafi Aschal: Selamatkan Muslim Rohingya ! – SyaichonaCholil.net7 September 2017 at 4:07 pmReply

    […] Baca Pula: Pendapat Wakil Sekjen MUI Tengku Zulkarnain Tentang Tragedi Rohingya […]

Tinggalkan Balasan