Seruan KH. Muqtafi Aschal: Selamatkan Muslim Rohingya !

Seruan  KH. Muqtafi Aschal: Selamatkan Muslim Rohingya !
Sumber Foto: https://financialtribune.com

Sumber Foto: https://financialtribune.com

Tragedi kemanusiaan yang menimpa Muslim Rohingya telah melukai sebagian besar masyarakat tanah air. Ketidak berdayaan dan keputus asaan yang dirasakan Muslim Rohingya telah menggertakkan gigi graham masyarakat internasional secara spontan

PBB sebagai pengontrol kemerdekaan dan hak-hak asasi manusia seakan lumpuh bagaikan macan ompong dan terus membiarkan krisis keadilan ini berlangsung di depan mata terlebih lagi ketika banyak kalangan berpendapat krisis rohingya bukan murni masalah sentimen agama saja. Namun ada tujuan dibalik isu-isu keagamaan yang dimunculkan yakni penguasaan sumber daya alam dan sejenisnya.

Tentu saja hal ini mengundang salah satu tokoh muda Bangkalan yang masih keturunan Syaikhona Kholil (Mbah Kholil) Bangkalan yaitu KH Muqtafi Aschal untuk angkat bicara menyerukan kepada pemerintah secara husus dan masyarakat secara umum agar membuka mata hati dan pikiran.

Bukan tanpa alasan, Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi Ra Muqtafi (sapaan akrab KH Muqtafi Aschal) menyuarakan seruan kemanusiaan ini.

Pertama; Bahwa pembantain, pengucilan dan diskriminasi yang menimpa umat muslim Rohignya di Miyanmar, adalah tragedi kemanusiaan paling brutal dan diluar nalar manusia beradab.

Kedua; Bahwa mendukung kebiadaban ini dengan alasan apapun, adalah suatu bentuk kebodohan paling nyata yang dilakukan umat manusia. Sebab, sesungguhnya persoalan ini sudah benar-benar terlalu biadab jika hanya disangkutkan pada persoalan pada penguasaan sumber daya alam dan atau status kewarganegaraan.

Ketiga; Bahwa telah nampak jelas ketidak adilan disana, nyata diskrimanasi dilakukan, dan nyata pula pelanggaran hak-hak asasi manusia.

Keempat; Bahwa telah nyata korban-korban tidak berdaya ini adalah sesama muslim, jauh diatas itu semua, mereka adalah hamba-hamba Allah yang tidak boleh menerima perlakuan keji sedemikian rupa.

Baca Pula: Pendapat Wakil Sekjen MUI Tengku Zulkarnain Tentang Tragedi Rohingya

Beberapa pertimbangan di atas menurutnya merupakan hal mendasar bagi siapapun tanpa memandang sekte dan agama yang melatar belakangi tokoh muda ini menyuarakan secara lantang seruan berikut ini:

1) Kepada Pemerintah RI,  agar mengambil langkah-langkah konkrit menghentikan kejahatan kemanusian paling dahsyat pasca perang dunia kedua ini.

2) Menyerukan kepada seluruh organisasi islam Indonesia, untuk bersatu padu, satu suara, satu komando bersama pemerintah mengkutuk perbuatan biadab tersebut.

3) Menyerukan kepada seluruh umat Islam, untuk berdoa secara khusus kepada Allah SWT, agar muslim Rohingya diberikan kekuatan fisik, mental dan keimanan untuk bangkit berjuang melawan penindasan dan ketidak adilan yang menimpa.

Semoga Allah SWT, senantiasa memberikan ampunan dan kekuatan kepada kita semua, Aamin ya Robbal alamin.

Diakhir seruannya beliau memberikan catatan kepada siapa saja yang berusaha melepaskan tragedi kemanusiaan rohingya dari sentimen keagamaan dan sama sekali tidak ada sangkut paut dengan agama agar segera bertaubat.

“Mun bedeh oreng se gik berusaha nafsirin/apendapat bhw pembantaian rohingya benni konflik agama mandher beih cepat sadar”. (apabila masih ada seseorang yang berusaha memberikan pendapat bahwa pembantaian Rohingya tidak ada sangkut paut dengan sentimen agama, maka semoga yang bersangkutan cepat sadar/red.) pungkasnya.

Pewarta: Zainal Arifin

Tags: , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. Tengku Zulkarnain: Tragedi Rohingya Bukan Urusan Dalam Negeri Myanmar – SyaichonaCholil.net7 September 2017 at 4:02 pmReply

    […] Baca Pula: Seruan KH. Muqtafi Aschal: Selamatkan Muslim Rohingya ! […]

Tinggalkan Balasan