KH. Abdurrahman Nafis: MUI Bukan Ekskutor Hukum

KH. Abdurrahman Nafis: MUI Bukan Ekskutor Hukum

Syaichonacholil.netKetua Komisi Fatwa MUI Provinsi Jawa Timur KH Abdurrahman Navis pada saat kunjungannya ke PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, Rabu (21/02)  menegaskan  bahawa  Majelis Ulama Indonesia (MUI) bukanlah menjadi Eksekutor terhadap pelanggaran hukum akan tetapi sebagai penjelas dari hukum itu sendiri.

KH Abdurrahman Navis sebagai Ketua Komisi Fatwa MUI Provinsi Jawa Timur berpendapat bahwa “MUI hanya sebagai sarana penjelas dari suatu hukum, bukan memiliki hak yang setara dengan Mahkamah Agung jadi kesimpulannya yang menjadi eksekusi terhadap permasalahan itu bukan MUI tetapi aparat yang berwenang. Tegas. KH Abdurrahman Navis sebelum mengisi acara seminar dalam rangka acara Bantsul Masail Wusto di PP. Syaichona Cholil Bangkalan.

Dan disambung penjelasan juga oleh beliau bahwa “MUI mempunyai hukum fatwa dan juga hukum positif, setelah MUI menentukan itu menjadi Hukum fatawa atau hukum Positif barulah pengadilan yang memfonis tentang hukuman yang akan di berikan, bukan malah MUI langsung yang memutuskan fonis hukuman” Pungkas beliau. (Hendi Gunawan)

 

Tags: , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan